Sabtu, 17 Juli 2010

Penjinak Binatang yang “Nekat dan Gila”

Penjinak binatang buas asal Kanada, kelahiran 1975. Dia sering tampil di televisi Animal Planet dan Discovery Channel, beraksi dengan binatang-binatang buas Afrika. Pekan lalu dia diberitakan setelah kembali dari “Enam bulan mendekati singa liar di alam Afrika dengan hanya bersenjatakan satu tongkat dan botol penyemprot mata”. Namanya Dave Salmoni.

Dalam rekaman video yang ditayangkan Today Show tersebut, terlihat Dave berdiri di alam terbuka Afrika yang gersang dengan hanya memegang satu tongkat dan penyemprot mata, tanpa senjata api atau senjata tajam. Beberapa singa dan harimau mulai muncul dari balik semak-belukar, binatang buas dewasa dengan ukuran tubuh besar. Dave tidak mundur, dia tetap berdiri di tempatnya, bahkan dia menggerak-gerakkan tongkatnya seakan-akan menantang binatang liar itu.

Seekor singa dewasa berlari ke arah Dave. Lelaki ganteng ini tetap tidak mundur selangkah pun. Dia beradu-mata dengan sang singa. Setelah jarak mereka sudah sangat dekat…, inilah yang tidak masuk akal: Singa itu seperti takut, tiba-tiba berbalik arah lalu diam di tempat melihat ke arah Dave Salmoni. Menakjubkan!

Dave Salmoni adalah penjinak binatang yang “nekat dan gila”, demikian komentar orang-orang yang melihat beberapa aksinya di video YouTube. Kalau orang lain memelihara singa sejak bayi dan akhirnya akrab setelah singa itu dewasa, maka Dave melakukan sebaliknya. Dia benar-benar menaklukkan singa dan harimau dewasa di alam bebas semacam belantara Afrika yang ganas.

Pada tahun 2000 dia meninggalkan negaranya, Kanada, dan bermukim di Afrika. Di sana dia mendekati dan melatih binatang-binatang buas seperti singa, harimau, dan jaguar. Banyak film dokumentasi binatang liar yang telah diproduksi Dave, salah satunya Living with Tigers [2003, Wikipedia]. Dave Salmoni adalah pawang binatang buas paling terkenal di dunia, demikian artikel di sejumlah media internasional.


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2342865

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post