Jumat, 19 November 2010

Penjelasan Lapisan-Lapisan Langit

Karena akhir-akhir ini TS merasakan cuaca yang amat panas (apalagi yang buat tinggal di Jakarta, serasa di oven gaan ), TS membuat thread tentang atmosfir kita..agar agan-asis dapat mengenali lebih lanjut planet kita tercinta..cekidoot..!

1. Troposfer

Lapisan atmosfir ini adalah tempat dimana kita beraktivitas dan kita hidup. Lapisan atmosfir ini merupakan tempat berlangsungnya segala cuaca. Hampir semua jenis awan berada pada lapisan atmosfir ini. Lapisan ini bekisar antara ketinggian 0 m hingga 15.000 m diatas permukaan laut. Pesawat-pesawat pada umumnya terbang pada lapisan atmosfir ini. Oh ya suhu pada lapisan ini juga bergantung pada garis lintangnya, namun rata-rata pada lapisan ini bisa menurun hingga -75 derajat Celcius.

2. Stratosfer

Lapisan ini berada pada ketinggian 15 km hingga 50 km diatas permukaan laut. Pada lapisan ini suhu makin menurun hingga -3 derajat Celcius (tergantung pada garis lintang atmosfir tersebut).

Hanya pesawat-pesawat tertentu (umunya yang memiliki kecepatan supersonik) yang hanya dapat terbang ke lapisan ini. Tekanan udara pada lapisan ini pun lebih stabil. Ozon diidentifikasi terdapat pada lapisan ini.

Untuk Kehidupan, hanya ada terdapat beberapa bakteri yang berterbangan pada lapisan ini.

3. Mesosfer

Lapisan ini berada pada ketinggian 50 km hingga 120 km diatas permukaan laut. Lapisan ini merupakan lapisan yang "agak" misterius, karena satelit maupun pesawat luar angkasa mengorbit bumi pada lapisan diatasnya, sedangkan pesawat jet pun hanya dapat terbang hingga lapisan di bawahnya. Suhu pada lapisan ini pun menurun hingga -100 derajat Celcius.

Oh ya, pada lapisan ini juga terdapat Noctilucent clouds. Awan ini terbentuk karena butir-butir air yang mengkirstal.


Peluang sebagai tempat kehidupan pada lapisan ini pun amat kecil, karena suhunya yang amat rendah.

4. Termosfer

Inilah lapisan dimana satelit-satelit mengorbit kita (meskia juga ada beberapa satelit yang mengorbit pada lapisan diatasnya). Lapisan ini berada pada ketinggian 120 km hingga 400 km. Kandungan udara pada lapisan ini semakin tipis. Suhu pun mulai naik hingga 1.750 derajat Celcius. Sepertinya sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan pada lapisan ini.
Oh ya, pada lapisan ini terdapat aurora. Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).



5. Eksosfer

Lapisan ini merupakan lapisan terluar dari planet kita. Lapisan ini merupakan batas antara atmosfir kita dengan angkasa luar. Molekul-molekul udara yang ada pada lapisan ini bisa langsung terlepas ke luar angkasa ataupun terikat kembali oleh gravitasi kita. Oh ya, lapisan ini juga merupakan orbitnya satelit juga loh.

Ionosfer itu berada pada lapisan Termosfer, tetapi pada bagian atas lapisan Termosfer. Pada lapisan ini elektron dari molekul-molekul gas banyak yang terlepas, sehingga pada lapisan ini memiliki muatan listrik. Muatan listrik inilah yang dapat memantulkan sinyal radio/televisi.




http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3858269
Koleksi Gambar Unik | Kumpulan Foto Aneh | Video Unik 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post