Selasa, 14 Desember 2010

Wow..Ditemukan Gen Pemicu Selingkuh Pada Manusia


SETIAP orang pernah selingkuh atau diselingkuhi. Banyak hal yang menjadi penyebab perselingkungan dan salah satunya adalah karena faktor genetik. 
Beberapa orang diketahui memiliki gen yang bisa membuatnya menjadi pasangan tidak setia
Tim peneliti dari State University of New York, AS, menemukan gen yang meningkatkan kemungkinan seseorang melakukan perselingkuhan pada pasangannya.

"Ketika seorang pria atau wanita memiliki gen selingkuh, yang disebut 'love rat gene', maka mereka mengkhianati pasangannya, dan mereka akan menerima zat kimia yang sama seperti ketika seorang penjudi menang dalam permainan atau ketika seorang peminum menikmati minuman alkohol," jelas salah seorang peneliti.

Penelitian dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada 180 relawan pria dan wanita muda tentang sikap mereka terhadap hubungan asmara. Mereka pun diuji dengan sebuah gen yang disebut DRD4. Gen ini bisa memengaruhi level zat kimia pada otak, dopamin.

Pada kuartal pertama atau lebih relawan dengan gen 'love rat', dua kali lebih mungkin tidak setia. Dan ketika mereka berselingkuh, mereka melakukan lebih dari satu kali kencan satu malam.

"Yang kami temukan, individu dengan varian gen DRD4 cenderung memiliki sejarah seksual tanpa komitmen. Termasuk kencan satu malam dan ketidaksetiaan," kata Justin Garcia, salah seorang peneliti seperti dikutip dari Daily Mail. 

Garcia mengatakan, motivasi perselingkuhan tampaknya datang dari sistem kesenangan dan penghargaan, yang merupakan tempat pelepasan dopamin. 

"Dalam hal seks tanpa komitmen dan berisiko tinggi, motivasi variabelnya adalah semua elemen yang membuat pergerakan dopamin secara lebih cepat," kata Garcia.

Ia juga menambahkan, hasil penelitian menunjukkan adalah mungkin bagi mereka dengan gen DRD4 untuk berkomitmen, tetapi mereka masih merasa perlu untuk berselingkuh. Tetapi kondisi ini tentu tidak bisa dijadikan pembenaran terkait perselingkuhan yang dilakukan.

"Studi ini tidak berkaitan dengan memungkinkan atau pembenaran adanya perselingkuhan. Tidak semua orang-orang dengan genotipe tersebut akan melakukan kencan satu malam atau perselingkuhan," ujar Gracia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post