Sabtu, 15 Januari 2011

Teknik Melindungi Komputer Di Internet

Serangan di Internet biasanya tidak hanya datang dari manusia saja melalui e-mail dan chatting. Serangan dapat juga datang dari software atau program, seperti virus, trojan dll. Berikut ini adalah beberapa teknik memproteksi komputer agar cukup aman dari serangan di Internet yang di sadur dari Internet Sehat di ICT Watch, yaitu:
  1. Upgrade sistem operasi. Sistem operasi yang terbaru biasanya lebih aman digunakan daripada versi yang lebih rendah.
  2. Gunakan firewall untuk memproteksi dari serangan hacker, atau virus atau spyware. Di Linux lebih banyak serangan yang terjadi dari hacker dan software yang digunakan hacker. Bagi Anda yang menggunakan sambungan ADSL dapat mengaktifkan firewall di router.
  3. Gunakan perangkat lunak Anti-Virus, clamav, untuk mendeteksi apakah ada virus yang bersarang di USB, e-mail Internet yang kita baca. Perlu dicatat bahwa Linux biasanya tida terinfeksi virus.
  4. Mengamankan diri dalam jaringan WiFi HotSpot. Aktifkan mekanisme proteksi pada jaringan HotSpot menggunakan WEP, WPA, MAC filter, matikan SSID broadcast. Detail teknik proteksi WiFi HotSpot dapat di baca di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/.
  5. Buang semua ’spam’ e-mail. Jangan pernah percaya akan e-mail yang menjanjikan bahwa Anda memenangkan lotere, adanya dana investasi. Sebaiknya mengaktifkan anti spam di e-mail client yang kita gunakan.
  6. Backup. Lakukan backup secara periodik dari data-data penting dan simpan pada lokasi yang berbeda.
  7. Mengamankan secara fisik komputer/laptop. Tandai komputer yang kita gunakan. Gunakan kunci untuk laptop yang kita gunakan.
Teknik mengamankan diri sendiri, keluarga dan uang kita antar lain sebagai berikut:
  1. Hindari semua kemungkinan untuk mencuri identitas. Jangan pernah memberikan orang lain, username, user ID, PIN, atau password biarpun mereka dari perusahaan yang sangat bisa di percaya. Jangan pernah percaya akan e-mail yang tampaknya seperti dari Bank, kantor kartu kredit yang menanyakan informasi seperti PIN atau nomor account. Selalu menulis alamat web ke browser, jangan pernah meng-klik link alamat web di e-mail. Jangan pernah memasukan informasi keuangan, nomor kartu kredit kecuali juga Web menggunakan protokol https://. Gunakan password yang panjang.
  2. Hindari penipuan. Jangan pernah percaya janji-janji muluk di e-mail. Jangan pernah memberikan informasi personal kecuali Anda kenal dekat.
  3. Jual beli secara online dengan aman. Tanyakan ke pengguna lain reputasi si penjual, jual beli hanya dengan mereka yang mempunyai reputasi baik.(abahalifah.wordpress)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post