Senin, 16 Mei 2011

Hah! Ada Kereta Pakai Batik

Hah! Ada Kereta Pakai Batik
PT Kereta Api (Persero) siap meluncurkan dua gerbong kereta makan yang digambari motif batik, akhir bulan ini. Dua gerbong kereta yang digambari motif batik adalah gerbong kereta makan kereta api (KA) eksekutif Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta (Gambir), dan KA eksekutif Argo Jati jurusan Cirebon - Jakarta.

Menurut Humas PT KA (Persero) Daop 6 Yogya, Eko Budiyanto, proses penggarapan dua gerbong kereta sudah memasuki tahap akhir. "Menurut rencana, (dua gerbong kereta makan) ini akan dilaunching sekitar tanggal 18 atau 20 Mei, yang akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Jero Wacik," kata Eko di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kamis (12/5/2011).

Eko menerangkan, motif batik pada badan gerbong makan KA Argo Lawu adalah motif Langlang Jagat. Motif batik ini menggambarkan filosofi keindahan alam dan empat pilar PT KA (Persero), yaitu keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.

"Sedangkan pada gerbong makan KA eksekutif Argo Jati, bermotif batik Singo Barong. Menggambarkan keret api yang kuat, dapat menempuh segala medan serta adaptif," imbuh Eko.

Proses penggambaran motif batik dua gerbong makan KA ini ditangani oleh anak perusahaan PT Reska, yang merupakan anak perusahaan PT KA (Persero). "PT KA (Persero) ingin melestarikan warisan budaya Indonesia yang juga diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia, yaitu batik. Kami berharap, penumpang semakin nyaman dengan adanya motif batik di dua gerbong makan KA ini," ucap Eko.

Sebelumnya, dua ada gerbong makan KA Parahyangan dicat bermotif batik di badan gerbongnya. "Mungkin nantinya motif batik bisa diterapkan di KA Prambanan Ekspres yang merupakan KA komuter masyarakat Yogja-Solo-Purworejo. Karena Yogya dan Solo notabene merupakan kota batik yang sudah kesohor di seantero negeri bahkan di seluruh dunia," ucap Eko

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post