Jumat, 12 November 2010

Barack Obama VS Barak Pengungsi?????


YOGYAKARTA - Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack "Barry" Obama ke Indonesia menyita perhatian banyak orang. Tak hanya Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Perhatian semua pihak yang sebelumnya tertuju pada ribuan pengungsi letusan Gunung Merapi sontak merubah semuanya setelah Presiden kulit hitam ini tiba di Indonesia.

Media yang sebelumnya menayangkan secara langsung kondisi pengungsi yang serba kekurangan, mengganti siaran langsungnya dengan jamuan makan malam istimewa Presiden SBY.

Pengamat yang sebelumnya selalu mengomentari kinerja pemerintah dalam tanggap darurat bencana juga langsung berubah. Sebagai tuan rumah, SBY yang berada di Yogyakarta langsung meniggalkan puluhan ribu pengungsi sehari sebelum kedatangan Presiden negara adidaya tersebut.

Untuk meyakinkan puluhan ribu pengungsi, di akhir kunjungan SBY di Stadion Maguwoharjo, dia sempat menyampaikan bahwa pemerintah bekerja siang dan malam untuk memberikan pelayanan maksimal bagi kebutuhan pengungsi.

Perhatian seluruh masyarakat terhadap Obama nyatanya tidak terjadi di barak pengungsian utama Stadion Maguwoharjo. Empat layar televisi yang tersedia di pelataran Stadion dua diantaranya lebih memilih menonton sinetron ketimbang siaran langsung jamuan makan malam SBY dan Obama di Istana Negara.

Hanya segelintir Pengungsi yang menonton siaran langsung jamuan makan malam. "Uenak e rek," ujar salah satu pengungsi dengan dialek jawanya yang kental.

Sementara pengungsi lainnya hilir mudik dengan urusannya masing-masing, ibu-ibu hilir mudik mencari air panas dengan botol susu anaknya di tangan. Relawan sibuk membagikan kebutuhan pengungsi dan membangun MCK yang juga belum tercukupi. Anak-anak memilih bermain di atas tumpukan pakaian bekas sumbangan para pederma. Tak sedikit yang termenung memikirkan masa depan yang belum jelas.

"Saya masih mikir besoknya Mas," keluh Tarjo kepada okezone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post