Jumat, 18 Februari 2011

Pertama Kali Pengarang Senjata Biologi Irak Mengakui Kedustaannya

Pembangkang Irak yang meyakinkan Gedung Putih bahwa Irak memiliki program senjata biologi rahasia, mengakui untuk pertama kalinya bahwa dia telah berbohong dalam ceritanya dan kemudian menyaksikan dalam keadaan shock, bagaimana ceritanya digunakan untuk membenarkan perang Irak.

The Guardian mengutip dari Rafed Ahmed Ulwan Al-Janabi, aktivis yang dikenal dengan nama curveball oleh pejabat intelijen Jerman dan peneliti Amerika yang menyelidiki tuduhannya, bahwa dia mengarang cerita tentang truk pengangkut senjata biologi yang berpindah-pindah serta pabrik rahasia dalam upaya untuk menggulingkan rezim Saddam Hussein yang dia melarikan diri darinya pada tahun 1995.

Al-Janabi mengatakan: "Mungkin saya benar dan mungkin saya salah, mereka telah memberi saya kesempatan ini dan di depan saya kesempatan untuk mengarang sesuatu untuk menurunkan rezim. Saya dan anak-anak sangat senang dan kami bangga bahwa kami menjadi sebab untuk memberikan Irak alam demokrasi..."

Surat kabar itu menunjukkan bahwa pengakuan ini datang dalam peringatan kedelapan tahun dari pidato Colin Powell dihadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa saat itu Menlu Amerika bersandar dengan kuat terhadap kebohongan yang telah dikarang Al-Janabi kepada polisi rahasia Jerman. Juga datang setelah penerbitan nota mantan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld mengakui bahwa Irak tidak memiliki program senjata pemusnah massal.

Hal ini telah merusak reputasi dua pejabat tersebut sebagai akibat dari eksploitasi terhadap tuduhan Al-Janabi, yang katanya sekarang bahwa hal itu mungkin - dan telah - ditolak sebelum pidato Powell terkenal dihadapan PBB pada 5 Februari 2003.

Kepala intelijen AS di Eropa Taylor Drumheller menganggap pengakuan Al-Janabi "menakjubkan" dan mengatakan munculnya kebenaran "membuat saya merasakan kondisi yang lebih baik dan saya yakin bahwa masih ada sejumlah orang yang masih berpikir bahwa ada sesuatu yang meragukan bahkan sampai sekarang.."

Dalam serangkaian pertemuan dengan Guardian di Jerman, di mana Al-Janabi mendapat suaka politik mengatakan bahwa dirinya telah melaporkan kepada pejabat Jerman tentang truk senjata biologi yang berpindah-pindah sepanjang tahun 2000.

Dia menambahkan bahwa intelijen Jerman mengenalnya sebagai seorang insinyur kimia dilatih di Baghdad dan lari setelah 13 Maret pada tahun tersebut untuk mencari informasi rahasia mengenai Saddam.

Al-Janabi berkata: "Saya punya masalah dengan rezim Saddam dan ingin terbebas darinya dan di depan saya ada kesempatan dan waktu".

Intelijen naif

Al-Janabi menggambarkan bahwa intelijen Jerman sangat naif dan sangat berambisi dengan rincian itu dan mereka menanyainya tentang pompa nominasi dan bagaimana melakukan membersihkan setelah reaksi. "Para insinyur yang telah memelajari bidang ini tentu dapat menjelaskan atau menjawab pertanyaan yang diajukan".

Al-Janabi mengklaim bahwa kebohongannya telah terungkap untuk pertama kalinya pada pertengahan,-2000 ketika agen intelijen Jerman melakukan perjalanan ke kota Teluk, diyakini Dubai, untuk berbicara dengan mantan bosnya di industri militer di Irak, Dr Basil Latif.

Dan setelah itu surat kabar mengetahui bahwa para pejabat intelijen Inggris menghadiri pertemuan ini untuk menyelidiki klaim Al- Janabi bahwa Ibnu Latif yang sedang belajar di Inggris membeli senjata untuk Saddam.

Dan klaim tersebut terbukti palsu dan Latif membantah keras klaim Al-Janabi, keberadaan truk senjata biologis yang berpindah-pindah dan klaim lain bahwa 12 orang meninggal dalam kecelakaan di fasilitas di sebuah tenggara senjata rahasia biologi Baghdad.

Al-Janabi mengatakan bahwa intelijen Jerman tidak menghubungi dia lagi sampai akhir Mei 2000. Namun dia mengatakan secara jelas bahwa kata-katanya masih ditanggapi dengan serius.

Pertemuan berlanjut antara dia dan intelijen Jerman selama tahun 2002 dan tampak jelas bagi Al-Janabi bahwa ada alasan untuk perang yang telah diatur. Dia katakan pernah ditanya lagi tentang truk senjata biologis sampai sebulan sebelum pidato Powell.

Setelah pidato, Al-Janabi mengatakan ia telah menghubungi para pelatihnya di intelijen Jerman dan menuduh mereka melanggar perjanjian bahwa mereka tidak akan melibatkan apa pun yang telah dikatakan kepada mereka dengan negara lain. Dia mengatakan untuk tidak berbicara dan dihukum penjara selama 90 hari.

Saat Amerika Serikat hengkang dari Irak sekarang Al-Janabi mengatakan ia merasa nyaman dengan apa yang telah dilakukan meskipun kekacauan yang terjadi selama delapan tahun terakhir dan jumlah warga sipil yang tewas di Irak, yang berjumlah lebih dari 100 ribu.

Al-Janabi menambahkan "saya katakan kepada kalian bahwa saya akan sangat sedih ketika saya mendengar kematian setiap orang -. Tidak hanya di Irak saya, tapi dalam perang apapun, tapi beri aku solusi lain tolong beri saya solusi lain. Percayalah, tidak ada cara lain untuk mencapai kebebasan di Irak dan tidak ada kemungkinan lain.
(ar/theguardian+aljazeera)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post