Kamis, 23 Desember 2010

Sup Berusia 2.400 tahun Ditemukan di China

Arkeolog China mengklaim telah menemukan semangkok sup yang diperkirakan telah berusia 2.400 tahun. Sup tersebut ditemukan di Kota Kuno Xian, hari ini.


"Ini adalah pertama kalinya sebuah sup berusia ribuan ditemukan dalam sejarah arkelogi China," ungkap peneliti dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi Liu Daiyun, seperti dikutip the Global Times, Senin (13/12/2010).


"Penemuan ini menjadi penting dalam mempelajari kebiasaan makan dan budaya dari manusia yang hidup antara 475-221 sebelum masehi," lanjut Liu.

Sup yang disertai tulang itu ditemukan dalam wadah perunggu. Sup itu berubah warna menjadi hijau karena oksidasi dari wadah perunggu tadi.

Para peneliti hingga saat ini masih terus mencari tahu apakah cairan yang ditemukan memang benar sup, peneliti pun berusaha keras untuk mengidentifikasi bahan-bahan yang terdapat di sup itu.

Selain sup, arkeolog juga menemukan bahan cairan lainnya tidak memiliki bau dan diyakini adalah anggur. Cairan ini ditemukan di dekat sebuah makam, yang diperkirakan dimiliki oleh pemilik lahan atau pejabat militer di kala dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post