Sabtu, 30 Oktober 2010

Misteri di Balik 'Tudung' Ular Kobra

LONDON - Pernah melihat seekor ular kobra melebarkan 'tudung' pada lehernya? Ilmuwan punya jawaban mengenai penyebab kobra melebarkan tudungnya dan bagaimana dia melakukannya.

Seperti dilansir Times of India, Senin (19/4/2010), para ilmuwan menemukan mekanisme dibalik mengembangnya tudung tersebut yang kerap dimanfaatkan ular kobra untuk menakuti musuh. Ular kobra, menurut para peneliti, bisa mengembangkan tudungnya dengan bantuan delapan otot.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Kenneth Kardong dari Washington State University mengidentifikasi kelompok otot yang digunakan kobra saat aksi 'pamer' tersebut.

Dalam studinya, Kardong mengukur aktivitas elektrik dari semua otot pada leher kobra. Tak hanya itu, mereka juga melakukan pembedahan kecil untuk menanamkan elektroda ke dalam otot leher kobra.

"Pada kobra, baik tulang maupun otot sama-sama bekerja untuk menampilkan tudung yang terkembang sempurna," kata Kardong.

Ada delapan otot yang terlibat dalam aktivitas ini dan otot-otot ini juga ada pada jenis ular lain yang tidak memiliki tudung. "Ini adalah contoh remodelling evolusi yang ditunjukkan oleh spesies. Ada perubahan dalam kontrol sistem syaraf di sekitar otot ini," terangnya.

Kardong menyebutkan, tudung kobra menjadi sebuah misteri dalam biologi evolusioner. "Kami ingin menguji cara tulang terlibat di dalamnya dan memahami bagaimana otot bisa melakukan itu dan mengembalikannya ke posisi semula," tandasnya. (rah)


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5758208
Koleksi Gambar Unik | Kumpulan Foto Aneh | Video Unik 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post