Selasa, 17 Mei 2011

Keunikan Jembatan Triple di Ljubljana


TIDAK ada yang bisa menulis atau berbicara tentang Ljubljana, Ibu Kota Slovenia tanpa menyebut Jembatan Triple. Dikatakan, jembatan ini sudah ada sejak 1280, namun kemudian dibangun kembali pada 1657 setelah kebakaran.

Seiring waktu pada 1842, jembatan ini digantikan dengan jembatan baru yang dirancang oleh Giovanni Picco, seorang arsitek Italia. Jembatan ini kemudian dinamakan Jembatan Rumah Sakit (Hospital Bridge) namun secara resmi bernama Jembatan Franz untuk menghormati Archduke Franz Karl dari Austria.

Jembatan batu lengkung itu adalah bagian tengah dari jembatan modern yang masih bertahan sejak ditambahkan jembatan penyeberangan di kedua sisinya oleh arsitek Joze Plecnik pada 1929. Ini membuatnya dinamakan jembatan Triple.

Jembatan Triple yang selesai pada 1932 kemudian ditetapkan menjadi zona pejalan kaki pada 2008. Hanya lalu lintas tertentu yang bisa menggunakan pusat jembatan, membuatnya efektif menciptakan tiga jembatan penyeberangan.

Dahulu, Jembatan Triple juga berguna sebagai rute transit penting abad pertengahan antara negara-negara di barat laut Eropa dan tenggara Eropa. Kini Jembatan Triple menghubungkan Alun-alun Preseren Square ke Kota Tua di bawah Castle Hill.

Karena Jembatan Triple merupakan ikon yang tidak bisa terlepaskan dari Ljubljana, maka kunjungan ke kota ini harus didokumentasikan dalam bentuk foto ataupun video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post