Minggu, 15 Mei 2011

Kiat Awetkan Hubungan Anda

Kiat Awetkan Hubungan Anda


MEMPERTAHANKAN hubungan lebih sulit dibanding mendapatkannya. Butuh kiat-kiat tertentu agar Anda dapat mempertahankan hubungan dalam jangka waktu yang lama.

Psikolog dari Amerika Serikat Dr. Linda Abbott Trapp, Ph.D. menyebutkan beberapa tips mempertahankan hubungan.

1. Evaluasi dari perspektif jangka panjang

Dalam sebuah hubungan jangka panjang, komunikasi adalah masalah yang paling sering timbul sekaligus dianggap tidak cukup penting. Jika Anda belum melakukannya, mulailah untuk membicarakannya agar tidak bermasalah di kemudian hari.

2. Dengarkan, perhatian dan peduli
Ini tidak hanya berlaku pada pasangan Anda, tetapi juga anak, atasan atau kawan Anda. Belajarlah untuk mencoba memahami, mendengarkan dan turut merasakan ketika pasangan Anda sedang berbagi. Berikan umpan balik yang menunjukkan Anda mendengar dan peduli padanya.

3. Menangani konflik dengan terampil
Sebagai awal, klarifikasi ambiguitas tentang harapan masing-masing. Berikan jeda waktu untuk membiarkan diri lebih tenang sebelum menaggapi komentar atau tindakan yang memancing kemarahan. Hindari menunda dengan perjanjian untuk mencoba lagi kemudian.

4. Bergantung padanya dalam neraca positif

Ini artinya mintalah dukungan pasangan dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuan. Dukungan menandakan mereka turut berkontribusi dalam mencatat suatu misi. Namun bergantunglah pada hal-hal yang positif, bukan sesuatu yang memberatkan pasangan.

5. Memahami dengan cara pikir orang lain
Ini mungkin adalah rahasia terbesar untuk komunikasi yang baik dalam hubungan. Setiap orang memiliki latar belakang dan pengalaman yang berbeda, sehingga pola pikir tidak akan sama. Belajarlah untuk memahami tindakan pasangan dari latar belakangnya. Dengarkan penjelasan yang membuatnya melakukan itu.

6. Komunikasi asertif

Komunikasi asertif adalah kebalikan komunikasi agresif, dimana fokus pada diri sendiri dan pasif mengurus yang lain. Komunikasi asertif melindungi diri Anda saat harus mengakui kebutuhan orang lain dan mencoba menawarkan bantuan, saran atau arahan. Meski sulit, tapi hasinya sangat luar biasa. Anda menjadi lebih baik, peningkatan harga diri, kekaguman orang lain dan menghasilkan solusi jangka panjang untuk setiap masalah.

7. Mengontrol dan memahami pesan nonverbal yang Anda kirim

Anda bisa berbohong dengan kata-kata, tapi akan sulit jika dilakukan dengan bahasa tubuh. Bahasa non verbal bisa mengungkapkan banyak maksud jika Anda tidak ingin mengatakannya. Sentuhan atau kedipan mata bisa menjadi penanda bahwa Anda selalu ada untuknya disaat pasangan lemah.

8. Keluar dari situasi ketika marah tak terkendali
Bila emosi Anda diluar kontrol, komunikasi yang baik akan sulit dilakukan. Berilah waktu pada diri Anda untuk istirahat sejenak. Biarkan hormon yang sedang meledak-ledak dalam darah Anda mencapai tingkat yang menyenangkan sehingga nalar Anda bisa kembali bekerja.

9. Ketahui kebutuhan dari keinginan
Dari setiap keinginan tersimpan kebutuhan. Jika pasangan menginginkan malam dengan Anda, itu bisa menjadi pertanda ia butuh perhatian dan kenyamanan dari Anda.

10. Rayakan dan ekspresikan rasa syukur
Orang yang telah kehilangan orang yang dicintai biasanya baru menyesal terlambat memberitahu kalau ia begitu mancintai pasangannya. Karena itu jangan pernah menunda rasa cinta Anda dan ungkapkan bahwa Anda membutuhkannya. Ini akan mengubah kualitas hubungan Anda.(tam)

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post